Selasa, 21 November 2017

Pemuda Kuripan Kidul, Ikrar Setia Bela NKRI.

(19/11), Gerakan Pemuda Ansor se Kecamatan Kesugihan menggerudug Balai Desa Kuripan Kidul pada Minggu, 19 November 2017. Bukan untuk membubarkan pengajian, namun kader muda NU ini berkumpul untuk melakukan pertemuan rutin Barisan Ansor Serbaguna (BANSER) se Kesugihan. Sebagai kader Inti dari GP ANSOR, BANSER memang didorong untuk lebih aktif dalam berkegiatan dibanding kader ANSOR yang lainnya. Kegiatan rutinan ini merupakan kegiatan yang kerap dilaksanakan setiap selapanan sekali, atau setiap hari minggu Pon. Untuk tempatnya selalu berkeliling dari satu desa ke desa yang lainnya. Tempatnya juga bebas, tidak harus di masjid, di rumah anggota yang agak luas atau di tempat umum juga tidak menjadi soal.

Pertemuan Rutin merupakan agenda formal yang kerap dilakukan oleh BANSER untuk melakukan koordinasi antar satuan di bawah komando Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon). Disamping sebagai ruang untuk koordinasi, pertemuan seperti ini juga untuk melakukan penguatan dan doktrinasi, baik penguatan tentang keagamaan maupun penguatan tentang nilai-nilai kecintaan terhadap tanah air. Tidak heran jika setiap Anggota BANSER memiliki kecintaan yang mendalam terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pengucapan Sumpah Janji Pengurus GP ANSOR
Ranting Desa Kuripan Kidul

Untuk pertemuan BANSER kali ini, berbeda dengan pertemuan rutin biasanya. Karena pada kesempatan ini dibarengi juga dengan prosesi Pelantikan Pengurus Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor Desa Kuirpan Kidul. Sebuah prosesi pengucapan sumpah janji untuk bersedia menjalankan roda organisasi sesuai dengan mekanisme dan aturan organisasi untuk 1 masa khidmat. Tidak hanya Bersumpah untuk bersedia menjalankan mandat organisasi, Pengurus ANSOR juga bersumpah untuk bersedia menjunjung tinggi Ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah, Ideologi Pancasila dan bersedia untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sahabat H. Aid Mustaqim, Ketua Pokjaluh Cilacap
Hadir dalam kesempatan tersebut, H. Aid Mustaqim, Ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kabupaten Cilacap, yang juga memiliki kedekatan dengan GP ANSOR. Mantan Ketua GP ANSOR Kabupaten Wonosobo ini diberi kesempatan untuk memberikan motivasi dan arahan kepada segenap pengurus terlantik dan Kader Ansor yang hadir. Dalam penyampainnya, Aid Mustaqim menyampaikan bahwa sebagai kader organisasi, kita harus bersedia bekerja untuk organisasi dengan penuh ikhlas, jangan sekali-kali mempersoalkan jabatan apa yang melekat dalam diri kita di organisasi tersebut. Karena antar kita, apapun jabatan di organisasinya, memiliki kapasitas dan karakter yang berbeda-beda, yang saling melengkapi satu sama lain. Dan kapasitas dan karakter yang berbeda-beda tersebut semuanya dibutuhkan oleh organisasi untuk mencapai kejayaaannya. Sekali kita mempersoalkan jabatan, hancurlah organisasi ini.

Selain motivasi tentang militansi organisasi dari Aid Mustaqim, para kader dan pengurus terlantik juga mendapat dukungan penuh dari Kepala Desa Kuripan Kidul, Bejo Parmin. Bahkan Kepala Desa berharap agar GP ANSOR Kuripan Kidul untuk berkenan menjadi mitra dalam mengawal proses pembangunan di desa, sehingga program-program pembangunan di desa dapat berjalan baik yang muaranya adalah untuk kesejahteraan masyarakat desa kuripan kidul.

Bersalam-salaman dengan iringan sholawat Nabi menutup seluruh proses kegiatan yang tanpa henti dibalut dengan guyuran hujan ini. Seluruh kader kembali ke rumah masing-masing, berkumpul kembali dengan masyarakat setelah mendapat tambahan semangat, bahwa berorganisasi adalah ruang pembelajaran, dan hidup bermasyarakat adalah ruang untuk mengaplikasikannya. (123)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar