Sabtu, 25 November 2017

Ranting ANSOR se-Kesugihan siap di Akreditasi

Cilacap, kitaberjejak.blogspot.co.id- Setelah sukses mengikuti Akreditasi Organisasi GP ANSOR untuk tingkat Pimpinan Anak Cabang (PAC), GP ANSOR Kesugihan kini sedang menyiapkan diri untuk menyongsong Akreditasi ditingkat Ranting. Hal ini dilakukan mengingat Akreditasi Organisasi merupakan mandat yang harus dijalankan oleh semua kepengurusan di semua tingkatan, tak terkecuali Pimpinan Ranting sekalipun.

Visitasi Akreditasi PW GP ANSOR Jawa Tengah
di Kabupaten Cilacap
Seperti yang diketahui, Beberapa saat lalu, Pimpinan Wilayah (PW) GP ANSOR Jawa Tengah melakukan kegiatan penilaian secara sistematis dan komprehensif, dalam wujud Akreditasi Organisasi untuk tingkat kepengurusan PAC. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung PUSDIKLAT PCNU Cilacap pada tanggal 22 Oktober 2017, bertepatan dengan Peringatan Hari Santri Nasional 2017. Alhasil, PAC GP ANSOR dalam Akreditasi itu mendapat nilai A-.

Seperti yang tertuang dalam Peraturan Organisasi GP ANSOR tentang Akreditasi Organisai Gerakan Pemuda Ansor, Akreditasi merupakan kegiatan penilaian yang dilakukan oleh Pimpinan Pusat terhadap Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Cabang, Pimpinan Wilayah terhadap Pimpinan Anak Cabang, dan Pimpinan Cabang terhadap Pimpinan Ranting.  Tujuan Akreditasi itu sendiri adalah untuk mengukur dan menentukan tingkat kelayakan organisasi dalam menyelenggarakan kegiatan serta untuk memperoleh gambaran tentang kinerja organisasi. Setidaknya ada 6 Program Pokok yang dinilai yaitu keberadaan program Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor, Amal Usaha Produktif, Kaderisasi dan Pemberdayaan Kader, Pengembangan BANSER, Struktur Kepengurusan, dan Kegiatan sosial kemasyarakat dan Kepemudaan. 6 Komponen ini harus disajikan dalam form Borang yang menjadi standar pelaksanaan Akreditasi.

“Kesugihan, pada akreditasi kemaren hanya kurang tentang catatan Amal Usaha Produktif, sehingga nilai Akreditasinya hanya memperoleh A -  saja atau masih belum sempurna. “ Ujar Ali Basroh, Ketua PAC GP ANSOR Kesugihan.

Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD),
Kaderisasi salah satu komponen yang di Nilai. 
Semangat untuk mengelola organisasi dengan tertib Administrasi yang baik coba di tularkan oleh PAC GP ANSOR Kesugihan ke seluruh jajaran Pimpinan Ranting yang ada di Wilayah Kesugihan. Tidak lama setelah Akreditasi PAC, langkah yang dilakukan oleh PAC GP ANSOR Kesugihan adalah melakukan Sosialisasi Akreditasi untuk Pimpinan Ranting melalui Rapat Koordinasi Anak Cabang yang diselenggarakan di Kompleks Masjid Al Ijtihad Kuripan. Dalam Acara yang diselenggarakan dalam Awal November tersebut, PAC GP ANSOR Kesugihan memberikan paparan tentang Pentingnya Akreditasi, Apa saja yang harus disiapkan sampai dengan memperkenalkan Form Borang Akreditasi yang harus di isi oleh Pimpinan Ranting.

Selama bulan Desember ini Pimpinan Ranting diharapkan dapat menuangkan hasil kinerjanya dalam Form Borang yang sudah dibagikan sebelumnya oleh PAC dan Pertengahan bualn Januari 2018 harapannya setiap ranting di Kesugihan sudah siap untuk menghadapi tim penilai dari cabang.
“Ranting Kalisabuk sudah mulai nyicil untuk mengisi Borang yang dibagikan, semoga akhir desember sudah lengkap.” Kata Mohammad Toha, Sekretaris GP ANSOR Ranting Kalisabuk ketika menanggapi permintaan update progres program Akreditasi Ranting dari PAC melalui Whatsapp.


Saat ini, Kesugihan telah memiliki struktur kepengurusan Ranting GP ANSOR di 13 Desa dari total 16 Desa di Wilayah Kecamatan Kesugihan. Dan semoga sesuai waktu yang ditentukan, ke 13 Pimpinan Ranting dapat menjalankan program Akreditasi yang menjadi mandat dari Peraturan Organisasi.  (123) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar